Bondowoso Perkuat Ekonomi Lokal Lewat Warung Kopi

Bondowoso – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan – Diskoperindag Bondowoso perkuat ekonomi lokal dengan memberikan bantuan sarana usaha warung kopi kepada pelaku usaha di lingkungan industri hasil tembakau.

Program ini dititikberatkan pada pengembangan sektor usaha kecil menengah agar mereka dapat mengembangkan usahanya dengan hasil produksi yang maksimal dan berkualitas serta bisa berdaya saing.

ada 130 warga penerima bantuan sarana usaha. Masing masing mendapat 1 paket terdiri dari tabung gas 3 kg, panci, termos, selang dan regulator. Penyerahan secara simbolis dilakukan di aula Dekopinda, Selasa siang.

Kepala Diskoperindag Bondowoso, melalui Kabid usaha perdagangan, Suhartono mengatakan, perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam menunjang perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan sangatlah menentukan bagi percepatan perkembangan bidang ekonomi di daerah.

Diharapkan bantuan tersebut dapat memotivasi usaha mikro kecil menengah agar bisa meningkatkan daya saing diantara pelaku usaha untuk berkreasi dan berinovasi terhadap produk yang dihasilkan, sehingga nantinya mampu berkembang secara mandiri.

Menurutnya, percepatan pengembangan ekonomi dan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak dapat mungkin dapat dilakukan tanpa adanya peranan serta pemerintah. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh UMKM, terutama mengenai rendahnya kualitas SDM, rendahnya kualitas produk UMKM yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan peralatan, maupun permodalan yang dimiliki oleh para UMKM.

Melihat kondisi tersebut maka pemerintah dirasa perlu membuat kebijakan pembangunan UMKM yang dilandaskan pada tujuan pemberian pembinaan berupa Bimtek, Pelatihan-Pelatihan dan bantuan alat-alat bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah sebagai penunjang usahanya untuk lebih maju.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *