Beragam Kreasi Pangan Dalam Lomba Cipta Menu

Bondowoso – Sebanyak 57 peserta mengikuti Lomba cipta menu 2014 yang digelar Kantor Ketahanan Pangan Bondowoso, di GOR Pelita , Selasa siang (16/9). Mereka terdiri dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten, Tim Pengurus PKK Kecamatan, Bhayangkara, Kelompok Wanita KRPL dan UPTD Pengairan Provinsi di Bondowoso. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Bondowoso, Ir. Aris Wasianto, MM ketika ditemui di sela acara menjelaskan, lomba cipta menu ini, dalam rangka mencari bahan pangan altenatif selain beras, namun memiliki gizi dan kandungan zat lainnya yang tidak kalah dari beras. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan pangan dan mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, mendorong kreatifitas masyarakat utamanya ibu rumah tangga serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu dengan memanfaatkan bahan pangan lokal di sekitar.

Dijelaskan, tingkat konsumsi beras masyarakat Bondowoso mencapai rata – rata 70 kg per orang per tahun. Jika tidak ada pengendalian konsumsi beras, dikhawatirkan stok pangan tidak bisa mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat, mengingat angka pertumbuhan penduduk yang terus bertambah sementara lahan sawah padi semakin berkurang dari tahun ke tahun.

“Kami akan terus upayakan agar masyarakat mengurangi konsumsi beras. Takutnya nanti jika sudah ketergantungan dan tidak membiasakan konsumsi yang lain, kita kewalahan menyiapkan stok pangan,” katanya menambahkan.

Dari pantauan di lapangan, selain beras, terlihat pula singkong juga diolah menjadi beragam makanan seperti soup merah singkong, tiwul jagung, puding ubi dan lainnya. Untuk dapat menciptakan menu yang beragam, Peserta juga bisa memanfaatkan bahan pangan lokal seperti jagung, wortel, daun ketela dan kedelai. Peserta ditantang mampu menciptakan menu untuk makan pagi, siang dan malam.

Sementara itu, hadir Juri dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Akademi Gizi Surabaya dan Universitas Surabaya Jurusan Tata Boga. Pemenang akan mewakili Bondowoso untuk mengikuti lomba cipta menu tingkat provinsi, yang rencananya akan digelar pada 16 Oktober 2014 di Surabaya.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *