Banjir Bandang Terjang Bondowoso

banjir bandangBondowoso – Puluhan rumah di Kecamatan Sempol Bondowoso terendam air setinggi 80 cm akibat banjir disertai lumpur yang melanda wilayah tersebut, Sabtu (31/1/2015) sore. Selain merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan pipa air sepanjang 3,6 km hanyut terbawa arus dan 2 tandon air rusak berat. Kondisi itu mengakibatkan 130 rumah tangga terancam krisis air bersih.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Hendri, mengatakan banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelumnya daerah tersebut sempat diguyur hujan deras dan angin kencang selama 3 jam lebih. Warga langsung diungsikan ke area pabrik di desa Kalisat dengan dibantu aparatur desa setempat.

“49 rumah terdampak, tinggi air mencapai 80 cm, warga sudah diungsikan dengan selamat,” katanya saat dikonfirmasi melalui telephone seluler.

Menurut Hendri, banjir disertai terjangan lumpur ini terjadi akibat lahan hutan yang beralih fungsi menjadi kebun kubis. Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp. 258 juta.

Beberapa saat setelah mendengar adanya banjir di Kecamatan Sempol, BPBD langsung menerjunkan timnya ke lokasi bencana dan membagikan 75 paket sembako kepada korban.

“Dan pagi tadi kami mendirikan dapur umum untuk support konsumsi 250 warga yangg akan kerja bakti bersama muspika bersih bersih lumpur banjir,” tambahnya.

Hingga saat ini, warga belum berani kembali ke rumah mereka karena dikhawatirkan terjadi banjir susulan, mengingat kondisi cuaca yang buruk dan berpotensi hujan lebat.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *