Ayo Jaga Taman Kota!

Bondowoso – Kepala Badan lingkungan hidup (BLH) Bondowoso, Sudirman mengaku jengah dengan sikap masyarakat yang usil merusak taman kota.
 
Sampai saat ini masih saja ada masyarakat dewasa maupun anak-anak yang sering merusak taman kota dengan mencabut ataupun mematahkan batang tanaman ketika mereka melintas di daerah tersebut. Parahnya lagi, petugas mendapati pagar taman kota di selatan pasar induk Bondowoso yang hilang dicuri.
 
Menurut dia, kondisi itu terjadi karena faktor tidak adanya rasa memiliki di dalam diri orang tersebut sehingga merusak barang publik tanpa memikirkan dampak dari perbuatan yang mereka lakukan.
 
“Sekuat apapun pengamanan serta segencar apapun imbauan tidak akan mampu menumbuhkembangkan rasa memiliki di dalam diri mereka untuk menjaga keasrian taman kota,” ujarnya.
 
Selasa pagi (23/9) sejumlah petugas BLH terlihat sibuk memasang pagar permanen agar tidak lagi bisa dibuka tutup. Selain menghindari pencurian, pagar permanen ini dibuat supaya warga tidak bisa masuk ke area taman dan mengotori kolam. Apalagi, diseputaran taman kota ini akan dibangun pasar sementara, sehingga semakin banyak kerumunan masyarakat berkumpul di dekat area taman.
 
Oleh karena itu, Sudirman mengajak masyarakat Bondowoso untuk menjaga taman karena taman tersebut salah satu aspek pendukung kenyamanan dan keindahan kota.
 
“Ajakan tersebut sudah sering kami sampaikan baik secara lisan maupun tulisan karena partisipasi masyarakat akan memberikan kontribusi dalam mempertahankan Piala Adipura yang telah diperoleh sebelumnya,” pungkasnya.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *