Pesona Batik tulis UKM Sumber Sari di Bondowoso Batik Muslim Festival

Bondowoso – Siapa yang tak kenal batik tulis hasil karya UKM Sumber Sari Maesan Bondowoso. Gaungnya sudah sampai ke luar negeri, bahkan produknya sering dipakai tokoh ternama Indonesia, seperti mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Pesona batik tulis UKM Sumber Sari – Maesan Bondowoso menghipnotis ratusan penonton yang hadir dalam Bondowoso Batik Muslim Festival, di Alun Alun kota, Minggu malam (2/11/2014).

Fashion yang dipusatkan di panggung budaya festival muharram 2014 itu terlihat gemerlap dengan permainan lampu yang semakin menambah suasa elegan, tatkala 13 model professional berjalan di catwalk dengan mengenakan batik khas Bondowoso yang bercorak daun ketela, daung singkong dan kupu – kupu. UKM Sumber Sari Maesan mendapat kesempatan tampil mengisi acara ketika dewan juri jeda sejenak untuk menilai lomba Bondowoso Batik Muslim Festival yang diikuti kalangan pelajar dan masyarakat umum. Tampil sekitar 15 menit, para model cukup memukau dengan menampilkan beragam produk tidak hanya baju batik muslim wanita, tetapi juga kemeja pria dan baju pesta.

Kerajinan batik tulis Sumber Sari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tidak diproduksi secara massal, bahkan sasaran pembelinya pun dari kalangan menengah ke atas.

“Sasaran pembeli produk kami kalangan menengah ke atas. Harganya pun bervariasi, yakni mulai Rp250 ribu sampai Rp4 juta, tergantung jenis kain dan tingkat kesulitan desain,” kata Ifriko Desriandi, seorang desainer batik tulis Sumber Sari.

Kain yang digunakan untuk membatik, lanjut alumni arsitektur Unmer Malang ini, adalah kain katun dan sutera jenis asli tenun bukan mesin (ATBM). Kain sutera ini dibeli dari Garut, Jepara, Ciamis, Serkang Sulawesi, dan Bali.

Dia mengatakan, desain batik buatan tangan dengan menggunakan pewarna alami ini hanya diperuntukan satu produk. “Kami ingin pembeli batik tulis Sumber Sari tidak takut desainnya dipakai orang lain,” katanya. (Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + = 29