Kepala BKD : Kerja Sekdes Harus Profesional !

ilustrasi sekdesBondowoso – Sekretaris Desa di Bondowoso dituntut dapat bekerja secara profesional, apalagi mulai Tahun ini Desa akan mendapat kucuran dana cukup besar dari APBN, seiring dengan diberlakukannya Undang Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Posisi Sekretaris Desa memegang peranan penting untuk menjalankan roda pemerintahan desa, guna memastikan semua unit kerja berjalan dengan baik.

Demikian Penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Wawan Setiawan, SH saat ditemui usai pembukaan diklat manajemen pemerintahan desa, di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Senin (20/4).

Sebanyak 40 Sekretaris Desa menjadi peserta dalam diklat tersebut yang secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni.

Dengan berlakunya Undang Undang No 6 Tahun 2014, setiap desa di Bondowoso diperkirakan akan mendapat alokasi anggaran antara Rp. 400 juta hingga Rp. 800 juta. Merupakan tanggung jawab seluruh aparatur pemerintahan desa supaya dapat mengelola dana tersebut untuk kesejahteraan desa dan warganya. Untuk itu, BKD siap melakukan pembinaan secara berjenjang untuk meningkatkan kompetensi aparatur pemerintahan desa.

“Nah, sekarang kita mengantisipasi supaya tidak ada kendala dalam pengelolaan anggaran kedepannya. Berbagai pelatihan dan pembinaan akan terus dilakukan. Pengawasan kinerja aparatur desa juga akan ditingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, aparatur pemerintah desa patut memahami peran strategisnya agar belajar mendalami, menggali serta mengkaji berbagai permasalahan dan tantangan pelaksanaan good governance dan reformasi birokrasi ke depan, supaya dapat diterapkan secara optimal di lingkungan kerja masing-masing.

Pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa kali ini diprioritaskan untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan publik seperti kebutuhan dasar masyarakat, keamanan dan kemampuan di dalam menghadapi bencana, kemampuan penyiapan rencana strategis pengembangan ekonomi desa, kemampuan pengelolaan keuangan desa dan pengelolaan kelestarian lingkungan hidup.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

69 − 68 =