Amankan Pilkades, Polres Kerahkan Ribuan Personil

pilkdesBondowoso – Sebanyak 1.850 personil siap dikerahkan Polres Bondowoso untuk pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Juni 2015 mendatang. Kekuatan yang cukup besar itu terdiri atas 120 personil kepolisian dari BKO Polda Jatim, 120 personil anggota Brigadir Mobil (Brimob), 510 anggota Polres Bondowoso , serta tambahan dari Polres samping antara lain Polres Jember, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan dan Malang yang masing masing mengirimkan bantuan 100 personil.

Kabag Ops Polres Bondowoso, Kompol Hermanto mengatakan, satuan pengamanan nantinya juga diperkuat dengan kehadiran para Babinsa dan Babinkamtibmas dari unsur TNI serta personil dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas.

“Kita dapat bantuan 990 BKO dari Polda Jatim, Brimob dan Polres samping serta anggota TNI juga bersama sama ikut mengamankan Pilkades serentak,” ujarnya usai menghadiri acara Rapat bersama Forpimda, di Pendopo Kabupaten, Kamis (23/4).

Dijelaskan pula, Polres Bondowoso telah menyusun pola pengamanan yang terintegrasi, mulai dari tahap awal pencalonan Kepala Desa, pelaksanaan pemilihan sampai pasca pilkades dengan memantau kondisi wilayah.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Bondowoso, Agung Tri Handono mengatakan, berdasar hasil verifikasi sampai saat ini terdapat 649 bakal calon yang akan maju dalam Pilkades serentak, Juni mendatang. Pilkades itu sendiri akan digelar di 172 Desa. Mengenai tanggal yang pasti, pihaknya masih menunggu putusan resmi dari Bupati Bondowoso.(Re)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 + = 58